Minggu, 18 Maret 2012

Percobaan pengujian Perkecambahan Benih BOBE (Legenaria Ciceraria).


        Secara umum terdapat dua tipe pertumbuhan awal dari suatu kecambah tanaman yaitu, tipe Epigeal (Epigeous) dan  tipe Hiipogeal (Hypogeous. Di bawah ini adalah penjelasan singkat mengenai perkecambahan benih menurut pengamatan tanaman Legenaria Ciceraria Bahasa (Suku MEE Paniai  umumnya ) Bobe. Penjelasan Umum dalam beberapa sumber buku benih.
  1. Tipe Epigeal (Epigeous) yaitu dimana munculnya radikel diikuti dengan memanjannya hipokotil  secara keseluruhan dan membawah serta kotiledon dan plumula keatas permukaan tanah . Contoh tanaman : Cherry (prunus Cerasus),kacang merah (Phaseolus Vulgaris),jarak (Ricunus Communis), Bit (beta Vulgaris),Kubis (Brassica Oleraceae),Kapas (Gossypium sp,selada (Lactua sativa),bawang merah (Allium cepa),lombok (Capsium Anum),Pinus (pinus Sp),bayam (Spinacia Oleraceae),bunga matahari (Hellianthus annuus),tomat (Lycopersicon esculentum).
  2. Tipe hipogeal (Hypogeous),dimana munculnyaradikel diikuti dengan pemanjangan  plumula,hipokotil tidak memanjang keatas permukaan tanah sedangkan kotiledon tetap bedara didalam kulit biji dibawah permukaan tanah. Contoh : Peach (Prunus persia),ercis (Pisum sativum),palm (palmae sp) dan semua famili Graminae seperti jagung ( Zea mays).
      Melihat dengan perkecambahan benih diatas negara kita banyak yang belum teliti dan belum klasifikasikan. Dengan demikian tanaman lokal asal Papua Bobe termasuk kelompok tipe perkecambahan benih  Epigeal  (Epigeus) atau Hipogea (Hipogeous).
Sesuai uji percobaan pengamatan lahan saya sendiri,  bahwa tanaman (bobe) Legenaria Ciceraria termasuk tipe Epigeal  (Epigeous).
     Proses perkecambahan benih merupakan suatu rangkaian komplek dari perubahan – perubahan morfologi, fisiologi dan biokimia.  Dalam pengamatan tahapan pertama suatu perkecambahan benih dimulai dari dengan proses penyerapan air  oleh benih, melunak nyakulit benih dan hidrasi dari protoplasma. Tahap kedua dimulai dengan kegiatan - kegiatan sel dan enzim -enzim serta naiknya tingkat respirasi benih tahap ketiga merupakan tahap dimana terjadi penguraian bahan -bahan seperti karbohidarat, lemak dan protein menjadi bentuk -bentukl yang melarut dan ditranslokasikan ketitik - titik tumbuh. Tahap keempat adalah asimilasi dan bahan - bahan yang telah diuraikan tadi diedarh meristematik enersi bagi kegiatan pembentukan komponen dan pertumbuhan sel -sel baru. tahap kelima adalah pertumbuhan dari perkecemabahan melalui proses pembewlahan,pembesaran dan pembagian sel -sel pada titik tumbuh.Sementara daun belum dapat berfungsi sebagai organ untuk fofosintesis maka pertumbuhan kecambah sangat tergantung persedaiaan makanan yang ada dalam biji.

Sumber : 
  1. Buku benih 
  2. Hasil Analisis Percobaan / Pengamatan saya sendiri mengenai Tanaman Bobe (Legenaria Ciceraria) persemaian sampai tumbuh daun .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar