Minggu, 11 Desember 2011

Mengenal Tanaman Buah

    Analisi dibawah ini adalah apa yang saya belajar,praktek dan hasil analisa tentang materi buah -buahan moga bermanfaat bagi saya sendiri sebagai mahasiwa pertanian dan orang - orang seluruh diunia yang penggemar dan tertarik didunia pertanian.
Apa Itu Buah
   Dalam ilmu botani,definisi buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan modifikasi lanjut bakal buah ( ovarium),biasanya membungkus dan melindungi biji.Dengan batasan ini,variasi buah sangat besar,mencakup buah mangga,buah apel,buah tomat,cabai,bulir padi,buah merah, buah coklat,buah jeruk, buah manggis,buah rambutan dan polong kacang tanah.
    Pengertian buah dalam pengertian dalam tulisan ini adalah tanaman yang buahnya dapat dikonsumsi secara langsung dan atau melalui proses pengolahan mempunyai rasa menarik yang pada umumnya dikenal masyarakat sebagai buah - buahan dan berfungsi sebagai makanan selingan yang memberi efek menyenangkan,menyehatkan,dan hidangan pencuci mulut.( sumber : ensikolopedia dan teknologi benih)
Penggolongan  Tanaman Buah
   Berdasarkan umur buah atau daur hidupnya digolongkan menjadi dua kelompok yaitu tanaman buah umur pendek dan tanaman buah umur panjang / tahunan.Tanaman buah umur pendek hanya mengalami satu musim panen.Sedangkan tanaman buah umur panjang dapat berkali - kali dipanen.Contoh tanaman buah umur pendek: pisang,nanas,melon,pepaya,dan semangka.Contoh buah umur panjang : anggur,apel,jambu biji,jambu air,kelengkeng,mangga,manggis, c
oklat,jeruk,rambutan,dan buah merah.
    Berdasarkan habitat tumbuhnya dibedakan menjadi dua,yaitu tanaman hawa panas (tropis) dan tanaman hawa dingin (subtropis). Contoh tanaman torpis : alpukat,belimbing, duku,durian,kedondong,mangga,manggis,mangga,nangka,nanas,pisang,rambutan,buah merah, dan srikaya. Contoh tanaman subtropis: apel,anggur,dan pear. (sumber : penjelasan dosen hortikultura).
Pembentukan Buah
Pembentukan  buah diawali dengan penyerbukan pada bunga.Penyerbukan atau polinasi ( dari bahsa Inggris pollination,polen yang artinya "serbuk sari"),adalah jatunya serbuk sari dari benang sari kepermukaan putik.Proses penyerbukan/polinisasi memerlukan pollinators ( yang membantu penyerbukan,misalnya manusia,lebah,angin,atau burung. (sumber : Penjelesan dosen ).
Bagian - bagian Buah
Buah terdiri dari bagian utama yaitu laipsan dinding buah (pericarp) dan biji (seed). Dinding buah terdiri dari tiga laipsan yaitu : Exocarp, Mesocarp dan Endocarp.
  • Exocarp : lapisan paling luar,biasanya kita disebut kulit buah. Lapisan ini mengandung pigmen yang menentukan warnah buah.
  • Mesocarp : laisan tengah antara exocarp dan endocarp.Lapisan buah ini yang biasanya kita makan disebut daging buah.
  • Endocarb : lapisan kulit paling dalam yang membungkus biji.( sumber : teknologi Benih)
Pengelompokan Buah.
Berdasarkan asalnya,buah dibagi menjadi 3 kelompok yaitu buah tunggal,buah agreat,dan buah majemuk.
  • Buah tunggal / sejati,yaitu buah yang terbentuk dari bungah dengan satu bakal buah,contoh apel,alpukat. 
  • Buah agregat,yaitu buah yang terbentuk dari beberapa bakal buah yang terpisa dalam satu bunga tunggal.Contoh buah storoberi. 
  • Buah majemuk,yaitu buah yang terbentuk dari beberapa bakal buah dan biasanya bergabung dengan bungan lain ( lebih dari satu bunga). contoh nanas dan nangka.
Berdasarkan sifatnya,buah dikelompokan menjadi buah berdaging dan buah kering.
Buah berdaging terdiri dari :
  • Buah beri,yaitu yaitu buah yang memiliki daging buah lembut / lunak dan banyak mengandung biji.contohnya buah jeruk,buah melon dan buah pepeya.
  •  Buah drupa,yaitu buah yang berbiji satu dan bagian kulit dalam (endocarp) keras.contohnya buah mangga.
  • bua pome ,yaitu buah semu berdaging yang bagian tenganya menyerupai tulang rawan (tulang yang lunak).Contohnya buah apel.
Buah Kering terdiri dari :
  • Buah achene,yaitu buah bebiji satu,dinding buah dan kulit buah dan kulit biji terpisah.contoh biji bunga matahari
  • Buah cariopsis,buah berbiji satu,dinding buah bersatu dengan kulit biji.contohnya kulit buah jagung.
  • Buah samara,yaitu buah berbiji satu memiliki sayap. contoh buah angsana.
  • Buah nut,yaitu buah berbiji satu,dinding yang mengeras,dikelilingi oleh cangkang.Contoh buah kenari
  • Buah Capsule,buah yang memanjang sepanjang garis alur sepanjang kulitnya. contoh buah durian. (sumber : hortikultura bagian buah - buahan)
Perbayakan Tanaman Buah
Tanaman buah dapat diperbayak dengan dua cara yaitu secara generatif dan secara vegetatif.Perbanyakan generatif yaitu perbanyakan dengan menggunakan biji,sedangkan perbanyakan vegetatif yaitu melalui setek,sambung / okulasi,cangkok dan merunduk.
  • Setek : perbayakan tanaman menggunakan bagian tanaman misalnya batang yang dipotong - potong kemudian ditancapkan pada media tanam.
  • Sambung okulasi : menyambungkan dua bagian tanaman yang berasal dari tanaman yang berbeda.
  • Cangkok : dengan cara mengerok bagian batang yang dimaksudkan untuk menghilangkan kambium ditutupi tanah dan dibungkus plastik atau sabut kelapa.
  • Randuk : dengan cara membenamkan bagian tanaman kedalam tanah. Sala - satu contoh tanaman yang dibiakan dengan cara merunduk adalah storberi. ( sumber : hortikultura)
Hasil Olahan Buah
Buah dapat diolah secara sederhana menjadi jus buah, rujak,dan es buah. Dengan berkembangnya teknologi industri akhirnya buah pada umumnya dikategorikan buah industri. Lebih lanjut buah menjadi bahan puree,buah kering,tepung,keripik,sale,sari buah,lempok,dodol,sirup,selai,salad,sabun mandi, minuman dan acar.

Sumber Artikel diatas :
Ensikolpedia tanaman Buah
Teknologi benih bagian Penyerbukan 
Hortikultura bagaian Vegetatif Tumbuhan
Penjelasan dari dari dosen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar