Selasa, 22 Mei 2012

Pembiakan Tumbuhan Eceng Gondok Danau Paniai Masyarakat Sekitar Danau Mati atau Hidup


Manfaat Nilai  positif tumbuhan eceng gondok bagi dunia lain nilai ekonominya lebih besar. Tetapi cara penanganan dan cara  pengelolahannya juga lebih baik pula.
   Dengan hadirnya tumbuhan parasit ini masyarakat MEE sekitar Danau Paniai punah atau bangkit ?
     Mengapa demikian  karena nilai negatifnya tumbuhan eceng gondok lebih besar. Daripada nilai positifnya hanya bahan teknologi industri memuaskan bagi kelompok kapitalisnya. Melalui tumbuhan eceng gondok ini pula sisi negatif memusnakan nyawa manusia ketika logam berat hitam terpenuhi dalam tubuh ikan. Ketika ikan - ikan yang terkena logam hitam tersebut mengakibatkan tertularnya E.Colli yang mengonsumsinya.
  Tumbuhan eceng gondok memang sudah banyak di manfaatkan oleh masyarakat, khususnya untuk bahan baku kerajinan seperti sandal, tas, tikar dan sebagainya. Namun selain untuk bahan baku kerajinan tersebut, sebenarnya eceng gondok masih memiliki manfaat lagi bagi manusia, yaitu sebagai penyerap logam berat di perairan. Logam berat berdampak buruk bagi kesehatan manusia karena dapat bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. Logam – logam berat diantaranya adalah Cadmium (Cd), timbal (Pb), dan merkuri (Hg).
      Dengan demikian ikan-ikan yang hidup di danau Paniai perlu pemeriksaan di laboratorium. Jenis – jenis ikan yakni: Udang,Ikan Mas, Ikan Gurami,Ikan Lele dan Ikan Gabus.Jangan sampai masyarakat meninggal akibat munculnya penyakit E. Colli. Ada banyak masyarakat sipil sering menceritakan kepada saya melalui Hand phone (HP) bahwa berbagai jenis Ikan yang hidup di danau Paniai tidak produktif gizinya seperti dulu. Ikan – ikan pun semakin kurus dan tidak tumbuh subur. Pembudidayaan alami ikan dari alam danau Paniai tergusur oleh pertumbuhan eceng gondok.
     Hara esensial pakan alami yang tersedia dari dalam air sendiri semakin terhabis. Mengapa kehilangan nutrisi pakan karena tumbuhan eceng gondok merupakan tumbuhan gulma bagi danau. Tumbuhan ini pula tumbuhan tingkat tinggi kompetisi hara nutrisi esensial pakan. Percepatan tumbuh tumbuhan tersebut mencapai kisaran cukup signifikan.Dalam kurang lebih waktu yang dekat akan habis nutrisi pakan ikan alami danau paniai.
      Perubahan perbedaan – perbedaan morfologi dan fisiologi menurunnya pertumbuhan kebesaran ikan merupakan pengaruh dampak ekologi lingkungan melalui eceng gondok. Selain eceng gondok pengaruh negatif bagi pertumbuhan ikan eceng gondok juga mengakibatkan air danau Paniai menjadi tercemar emas hitam. Jenis spesies  ikan – ikan  yang hidup di danau Paniai ikut tercemar emas hitam tersebut.
      Beberapa sumber menuliskan dimana ada tumbuhan eceng gondok disitu ada kerugian negatif lebih besar. Merugikan bagi kesehatan manusia yakni melalui ikan yang masih hidup bersamaan dengan  tumbuhan parasit tersebut. Kini ikan – ikan hasil penangkapan dari danau paniai di pertanyakan?
    Beberapa sumber yang terpercaya dari masyarakat setempat mengatakan,ketika saat kami sedang makan ikan lokal hasil penangkapan dari danau rasa,aroma suda tidak ada lagi. Sesuda makan sakit perut berdatanagan selama dua hari atau tiga hari.Tanda - tanda muncul penyakit E.colli adalah diareh dan sakit perut.
       Diamanaka perang pemerintah setempat dalam perang ekologi danau. Didepan mata pemerintah setempat merugikan danau paling terindah ketiga di dunia ini.Sebagian masyarakat paniai mata pencaharian mereka adalah nelayan lokal. Kini pemerintah setempat vakum  memperhatikan pembangunan perikanan air tawar danau paniai. Ekonomi masyarakat nelayan lokal bergeser dan muncullah krisis kemiskinan.
       Beberapa  data fakta sebagian anak Danau Paniai tertutup dengan tumbuhan eceng gondok. Sebagian Anak danau paniai yang tertutup dengan eceng gondok yakni pelabuhan darmaga Aikai dekat Ibu kota Kabupaten Paniai Enarotali, Danau GEE, Danau Kedimo, Danau kopa.Banyak yang belum  di survai.Masyarakat nelayan lokal kehidupan perekonomian mereka menurun drastis. Presentase kemiskinan dalam beberapa tahun belakangan bertambah besar.  Dengan ketidakpedulian terhadap pembersihan tumbuhan parasit ini banyak anak - anak mereka putus sekolah.
     Pendugaan penulis beberapa waktu lalu informasi media (www.jubi com) bahwa peningkatan kematian masyarkat sipil Kabupaten Paniai semakin meningkat. Penigkatan kematian tersebut jangan sampai masyarakat terkena logam hitam yang bersumber dari tumbuhan eceng gondok tercukupi dalam tubuh ikan - ikan yang ada di Danau Paniai. Ketika masyarakat mengonsumsi logam hitam/logam beracun makan dan muncullah diare. Diareh tersebut awal mula muncul E.Colli pada manusia yang di keluarkan dari pembiaran tumbuhan eceng gondok melalui ikan akibatnya manusia ikut mati.
   Kematian mereka belum terungkap dari dinas kesehatan Kabupaten Paniai. Kami memintah dinas kesehatan kabupaten setempat segera menindak lanjuti kematian fatal ini.*******

0 komentar:

Posting Komentar